Mesin Penetas Telur

http://www.sentralternak.com, Mesin penetas telur adalah sebuah inovasi teknologi yang cara kerjanya mengadopsi tingkah laku (behaviour) induk ayam atau unggas lainnya selama masa mengeram. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang menyebutnya dengan mesin penetas telur, mesin tetas telur, alat penetas telur, dan ada sebagian orang yang menggunakan istilah setter dan hatcher.

Banyak sudah macam mesin penetas yang ditawarkan oleh produsen mesin tetas. Pada intinya semuanya sama berdasarkan cara kerjanya akan tetapi beda dalam hal harga. Produsen pun begitu ada yang hanya berorientasi bisnis semata dan ada juga yang berorientasi untuk kemajuan perunggasan masa depan. Berdasarkan cara kerjanya mesin ini dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu mesin penetas manual, mesin penetas semi otomatis atau modern dan mesin penetas full otomatis atau modern. Berikut adalah sedikit keterangan dari ke tiga mesin tersebut :

Mesin penetas manual artinya pembalikan telur masih dilakukan satu-satu dengan sentuhan tangan langsung dan kontrol suhu masih belum otomatis. Kelebihan penetas manual adalah kontrol terhadap telur yang ditetaskan lebih terjaga. Kenapa? Karena, minimal 2-3 kali dalam sehari telur-telur tersebut dibalik sehingga kita mengetahui telur mana yang sudah dibalik dan yang belum dibalik. Kelebihan lainnya adalah pada waktu pembalikan telur kita bisa merubah posisi telur yang semula dipinggir dipindah ke tengah dan sebaliknya guna pemerataan suhu. Adapun kekurangannya adalah butuh tenaga dan waktu khusus untuk mengawasi dan pengoperasiakannya.

Mesin penetas semi otomatis atau semi modern artinya pembalikan telur ada yang sudah dengan sekali handle dan ada juga yang masih dibalik satu-satu. Kontrol suhu sudah otomatis baik dengan menggunakan thermostat atau thermoregulator. Kelebihan penetas semi otomatis adalah cara kerja yang lebih simple dan mudah dioperasikan. Adapun kekurangannya adalah harga lebih mahal jika dibandingkan dengan mesin mesin penetas manual dan kontrol terhadap telur yang ditetaskan kurang. Hal ini disebabkan oleh terlalu percayanya operator terhadap mesin ini sehingga beranggapan bahwa setiap telur yang dimasukkan mesin ini pasti menetas. Padahal kita tidak tahu kontrol suhu di dalam ruangan mesin sewaktu penetasan berlangsung.

Mesin penetas full otomatis atau modern artinya pembalikan dan control suhu semuanya serba otomatis. Mesin ini biasanya terdiri dari dua sekat atau ruang yaitu ruang untuk pengeraman saja (setter) dan ruang untuk persiapan telur yang akan menetas (hatcher). Kelebihan penetas full otomatis adalah pekerjaan menjadi ringan dan bisa mengoperasikan dalam jumlah banyak walau dengan tenaga kerja satu orang ketika masa pengeraman. Kekurangannya adalah dari segi harga, mesin ini mempunyai harga yang jauh berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan mesin penetas semi otomatis. Dan kalau ada gangguan sewaktu masa pengeraman akan berakibat fatal terhadap telur yang sedang ditetaskan. Akan tetapi hal ini jarang terjadi pada mesin yang full otomatis.

Dari semua jenis yang telah kami paparkan di atas manakah yang terbaik? Jawabnya adalah kembali kepada kita sendiri, seberapa modal yang kita punya, tujuan usaha yang akan kita dirikan dan berapa jumlah SDM yang akan mendukung usaha kita. Tidak ada salahnya apabila sebelum membeli anda bertanya tentang harga, spesifikasi produk, dan yang lainnya agar tidak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat. *(SPt)

Anda dapat mengcopy artikel ini dengan menyebutkan sumbernya : http://www.sentralternak.com

Untuk anda yang sedang mencari mesin penetas telur bisa mendapatkannya di sini, harga mulai Rp 190.000,- untuk kapasitas 30 butir telur ayam kampung. Tersedia mesin penetas telur mulai dari kapasitas 30 butir sampai 1000 butir. Segera hubungi bag. pemasaran kami di (0341) 9127374/ 081.555.640.540 via call or sms.

Pos ini dipublikasikan di Artikel Penetasan Telur dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s